Senin, 22 Juli 2013

Letusan Merapi 22 Juli 2013

Selamat pagi merapiii...

Hari ini tanggal 22 Juli 2013 aku merasa sepertinya akan melihat merapi bangun yang kedua kalinya semenjak aku hidup di jogja. Tapi aku berharap jangan bangun sekarang pliiisss,, pliiiisss deh yak yak yak... kan baru hampir 3 tahun kamu tidurnya... tahun depan aja yak,, kan belom 4 tahun...
Dari ........., 1994, 1998, 2001-2003 letusan kecil2, 2006, 2010..nah toh harusnya belom tahun ini bangunnya..
Semoga aja pagi tadi merapi hanya menguap yaaaa...
dinyanyiin aja biar tidur lagi,, orang masih jam 4.22 ko.. apa kebangun gara2 orang2 pada sahur,, apa mau ikut sahur???? :O
"Merapi bobo,,oh merapiii boboo,, kalo tidak bobo digigit mbah rono :v "

Ini cuplikan berita yang aku dapet:

Pada Senin (22/7/2013) pukul 04.22 hingga 05.35 terjadi guguran yang terdengar dari pos pengamatan merapi di Kaliurang. Gumpalan asap berwarna coklat kehitaman, lontaran material berwarna merah hingga ketinggian 1.000 meter dari puncak Merapi terlihat dari pos Selo, Boyolali.

Berdasarkan keterangan resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hujan abu dan pasir halus terjadi di wilayah Deles, Tlogowatu, Kemalang, Balerante, Klaten di Jawa Tengah.

Hujan abu juga terjadi di sekitar Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen di Daerah Cangkringan, Sleman Yogyakarta. Hujan abu hingga 7-14 km dari puncak Merapi mengarah ke Kabupaten Klaten dan Sleman.

Kepala BPPTKG dan PVMBG menyatakan status Gunung Merapi masih normal. Aktivitas Merapi akan dievaluasi apakah aktivitas akan berlanjut ke erupsi magmatik atau tidak. Pemantauan akan diintensifkan. Masyarakat dihimbau tetap tenang dan selalu siap siaga.

Perlu diketahui, status aktivitas gunung api memiliki 4 tingkatan yaitu normal aktif, waspada, siaga, awas. Gunung api umumnya memiliki sifat slow on set. Artinya bencana tidak terjadi secara tiba-tiba dan dapat diprediksikan..

Terima kasih sudah mampir,,
Keepsmile :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar