Selasa, 20 Januari 2015

Cara Perpanjang SKCK (di Kebumen/ Ambal)



Okey gaesss,, setelah sekian lama ndak posting lagi, kini saya mau posting lagi yaitu cara memperpanjang SKCK. Sebenernya bukan memperpanjang sik, akunya. Tapi bikin lagi soalnya SKCK ku yang pertama sudah tidak berlaku lagi. Gimana mau memperpanjang, orang setelah bikin saya langsung ke Gayo Lues, Aceh selama setahun. Padahal masa aktif SKCK cuman 6bulan. Yasyudah deh,, (seperti) bikin baru lagi gapapa. 

Begindang ceritanya (sekalian curhat ceritanya, hehe). Hari jumat langsung cuss ke Polres Kebumen dengan PDnya cuman bawa Copian legalisir SKCK yang sudah mati, fotokopi KTP, sama Foto 4x6 berwarna 3 lembar (sesuai saran teman kalo mau perpanjang SKCK). Eeeehhh lah ternyata, baru di pos pelaporan udah ditolak. Suruh bikin dari awal, tidak bisa diperpanjang. Dan itu artinya harus bikin dari “0” dari desa lagi. Hadeeehhh lele teniiinnn,..udah sampek Polres iniloh pak saya… hhhh..yasyudah mo begemana lagi,,

Posisi dari kebumen udah jam tengah 11. Sampek desaku udah hampir jam 11. Aku langsung ke balai desa. Untung sajah belon tutup, mengingat hari ini hari jumat. Dan kebetulan sekali, lurahnya itu budheku. Jadi masih jelas dilayanin dong, walaupun udah mau tutup. Ckckck…wagu yah.. :v pengantar dari desa terus ke RT RW syudah bereesss setelah jumatan. Ternyata setelah ke kecamatan jam 1, sudah tutup..hhhhhmmm belon beruntung saya. Yasudah,, senin deh jadwalnya…

Rute Menghidupkan kembali SKCK yang sudah mati:

1. di Desa langsung minta pengantar SKCK yang baru. Sekarang sudah naik, Rp. 10.000,-

2. setelah itu balik lagi minta cap ke RT dan RW, juga ttd orang tua. Dan alhamdulillahnya semua aman dari dana kas :v

3.  lanjut ke kecamatan. Minta cap pak camat. Alhamdulillahnya juga, tukang ngecapnya itu mantan lurah desaku. Jadiiii…digretongin juga…kekeke. Syarat di kecamatan Cuma:
- pengantar dari desa
- legalisir SKCK lama
- KTP
- foto 3x4 berwarna 1 lembar

4. karena dari polres kemaren katanya ga perlu ke koramil. Jadi langsung aja ke polsek. Okey deh..syukurlah. dan di polsek katanya kalau sudah pernah membuat SKCK, bisa langsung jadi di polsek aja ga perlu ke polres. Alhamdulillaaaaahhh tidak perlu jauh2. Selain menghemat tenaga, bensin, juga menghemat doku. Ga perlu ngeluarin kas buat polsek dan polres. Cukup dengan Rp. 15.000,-

Syarat di polsek:
-  Mengisi blangko yang dikasih
-          -  Legalisir SKCK lama
-          -  Pas foto 4x6 berwarna sebanyak 3 lembar

5. SKCK baru jadiii… tinggal gandain kopian 10 lembar cukup Rp.2.000, legalisir ke polsek lagi. Sudah gratisss…

Jadi untuk menghidupkan kembali SKCK anda yang sudah mati..totalnyaaa… Rp. 27.000,, alhamdulillaahhhh..semoga syarat2 berikutnya buat PPG SM-3T diberi kemudahan juga. Amiinn…

2 komentar:

  1. Trimakasih berguna sekali.. Jadi ngak perlu bolak balik.. 😁👍

    BalasHapus
  2. Legalisir skck lama dimana mba?

    BalasHapus