Senin, 04 Maret 2013

Bayar Pajek Motor Mamen

Ada yang butuh cara buat bayar pajak gimana?? Ini khusus nya di daerah Kabupaten Kebumen yah..

Ceritanya ginih..
Kemaren tanggal 4 Maret 2013, sebelum otw Jogja tersayang, sebelum ikut rame2 ndekorasi ruang ujian skripsinya Mas Idot,, aku nganterin Maknya bayar pajek motor, yang ternyata itu sudah telat 2 hari.

Pagi sekitar jam 07.00 WIB aku sama Maknya sudah menyiapkan amunisi bom, peluru, pistol, eh bukan maksutnya amunisi KTP, BPKB, dan STNK, dan yang jelas engga ketinggalan itu ya UANG mamen..
Bayangannya sih kantor Samsat bukanya jam 08.00 WIB, ternyata eh ternyata 08.00 WIB serasa 08.00 WITA, udah banyak bangeeeett yang antri..jadi buat yang besok yang mau bayar pajak, mending berangkat jam 07.00 WIT dari rumah...jadi jangan kuatir, pasti jadi antrian pertama dan dapet bonus "Buka Pintu Gerbang" ,, petugasnya juga masih tarik selimut kaleeee.. :D
Caranya gampang ko,, yang lama antrinya..tapi menurutku itu pelayanannya sudah cepet ko :)
  1. Bawa syarat2 nya yang lengkap, KTP asli dan fotokopi, BPKB dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi, map jangan lupa.. kalo belom persiapan dari rumah, di Samsat juga sudah disediakan jasa Fotokopi dan Map (Rp.2.000,00 lengkap), tapi buat antisipasi biar cepet mending sudah disiapkan dari rumah sebelum2 nya.
  2. Masukan syarat2 ke dalam Map, dan letakan di tempat antrian pengecekan (Loket 1). kira2 antri 10 menit.
  3. Dipanggil, tanda tangan cus ke tempet pendaftaran (Loket 2). Masukan Mapnya tadi ke tempet yang udah disediain. kira2 antri 5 menit.
  4. Dari tempet pendaftaran, nunggu dipanggil, dapet nomer antrian. Dan bayangkan gueeeh kemaren sama nyokap gueeehh jam 08.00 WIB dapet antrian nomer 64,, gelaaaa booo... #mikir sambil garuk2 rambut, eh salah krudung yang ga gatel "ini orang2 pada berangkat jam berapa dari rumah yaaa -,-' ".
  5. Antri deh buat bayar (Loket 3). Dan ternyata baru gueh taoo kalo telat bayar pajak 2 hari aja dendanya Rp. 35.000,00 (bisa buat traktir temen2 ayam geprek 10, es teh 10, tempe mendoan 10, krupuk 3 toples, tapi abis itu sebelum pulang suruh cuci piring dulu, karena ternyata uangnya kurang,, :D #ah ngaco). Karena denda itu, TOTAL pajak yang harus gueh bayar, eh salah Maknya bayar ding..Rp. 240.000,00, yasudah rejeki,,nah ini nih antrian paling lama 15 menit.
  6. Kalo udah bayar nih ya tinggal antri 6 menit buat ambil STNK baru di Loket 4. Udah deh selese. Cuuuusss pulang..berangkat ke Jogja.
  7. Kalo ditotal sih ya, kira2 membutuhkan waktu sekitar 36 menit untuk proses membayar pajak kendaraan bermotor. Engga lama ko.. Terima kasih petugas Samsat Kebumen,, semoga uangnya sampai ke rakyat lagi yaaaaa :)
 Oya buat informasi lagi Samsat buka:
Hari Senin-Jumat  : buka pukul 08.00-15.00 WIB
Hari Sabtu            : buka pukul 08.00-13.00 WIB
*Jangan lupa petuah saya di atas, untuk dapet antrian nambewan harus berangkat pukul 07.00 WIT :D

Pesan : "Bayarlah Pajak Tepat Waktu/ Sebelum Waktunya (prematur dong)." Dari pada loe kena denda kaya gueh...lumayan kan uang dendanya bisa buat nyicil beli rumah,, #ngimpi siang bolong :O  

Dadaaaahh,, ketemu lagi di blog selanjutnya..
Trimakasih sudah membaca dan menyimak..
Semoga bermanfaat.. 
Salam keepsmile :)  

1 komentar:

  1. maaf bu,,
    Bisa bantu buat cek secara online gk nehh,,saya coba cek di link selalu error

    BalasHapus